Penyedia shop manual parts manual alat berat
WA : 0897-3853-775 

Sistem pelumasan Lubricating system,


Sistem pelumasan Lubricating system, Balajar setapak demi setapak tentang kerja mekanik alat berat dalam perbaikan dan perawatan. Sistem pelumasan Lubricating system, Adalah sistem pada engine diesel yang dapat merawat kerja diesel engine agar dapat berumur panjang, posting serupa sebenarnya sudah banyak di publikasikan sebelumnya tetapi kali ini ane akan mencoba dengan bahasa yang mudah di mengerti tetapi mempunyai arti yang lebih pasti.


Sistem pelumasan Lubricating system,



Pada halaman sebelumnya ane telah ceritakan tentang fuel sistem baca di sini  wajib sobat baca agar nyambung katika sobat membaca posting ini, Yang perlu ane ingatkan adalah jangan malas untuk membaca karena yang namanya artikel atau posting adalah tulisan yang harus di baca secara jelas, Pada kali ini ene akan ceritakan tentang Lubricating system,.

Terus apa Lubricating system, itu . . . ?
Lubricating system, adalah komponen yang bertanggungjawab pada engine diesel yang dapat merawat kerja diesel engine agar Awet dan ber umur panjang, Ane akan mencoba meninggalkan bahasa seperti Drain/Tapping, Valve Deepstick/Dipstick.  Reliefe Valve dan seterusnya, tetapi langsung ke maksut dan tujuan dari sistem Lubricating system, Yang artinya pelumasan, sementara pelumasan yang di maksut bukan sekedar membasahi atau memercikkan pelumas, tetapi dengan kekuatan tinggi masuk ke celah - celah alur pelumasan, ( Meniup, mengisi ) dengan padat di antara celah-celah logam satu dengan logam lainnya, sehingga mampu menjadi bantal atau tameng menahan agar logam yang bergerak tidak mengena dengan logam yang bergerak lainnya. Hal itu akan bisa terlaksana jika Oil Pump (pompa oli ) dalam keadaan normal.

Terus apa itu Oil Pump itu. . ?

Oil Pump.Adalah pompa yang berfungsi mensuplai oli dengan kekuatan tinggi ke bagian-bagian atau celah-celah engine yang ada yang diletakkan pada Bagian bawah engine ( di dalam Karter ) dan pada bagian hisapnya dipasang saringan kasar( Strainer) untuk menghindari benda-benda kasar masuk ke dalam sistim. Pada beberapa engine, Oil Pump nya mempunyai 2 pasang gear (Double Pump), dimana sepasang pump untuk Main Pump dan yang satunya sebagai Scavenging Pump yang berfungsi untuk selalu mensuplai Oil agar tetap Stand By disaluran hisap Main Pump.

Sementara kekuatan tinggi tersebut pada umumnya di sebut pressure, dan untuk mengetahui berapa kekuatan atau pressure tersebut adalah Oil Pressure Gauge untuk mendeteksi berapa nilai tekanan oil disaat sistim bekerja. Ada pula engine yang menggunakan Oil Filter Differential Pressure Gauge untuk mendeteksi filter Block dengan memanfaatkan nilai pressure aliran oil saat sebelum dan sesudah melewati Oil Filter,


Beberapa Istilah Yang Terdapat Dalam Lubrication System

1. Viscosity
Adalah sifat fisik oil yang berkaitan dengan nilai kekentalannya, ditentukan dengannilai SAE ( Society OF Automotif Engineer), dimana semakin tinggi nila SAEmaka akan semakin besar nilai kekentalannya.

2. Viscosity Index
Adalah nilai kestabilan kekentalan oil terhadap perubahan temperatur.

3. Sulfuric Acid
Adalah Asam Sulfat yang terbentuk karena pembakaran asam belerang yangterkandung. dalam bahan bakar diesel/solar, asam ini mempunyai sifat korosif yangdapat membuat keausan komponen engine lebih cepat.

4. Alkali
Adalah zat yang dicampur ke dalam oil untuk menetralisir sifa t asam ( Acid),sehingga keausan komponen karena asam dapat dicegah/diperkecil.

5. Positif Displacement Pump
Adalah pompa yang apabila out putnya di block, fluida akan tetap dialirkan sehinggatekanannya akan semakin tinggi sampai tidak terbatas, karena setiap langkah pompatersebut adalah flow/aliran.

Nah jika ada masukkan silahkan di tambahi dan yang bagi kurang jelas atau ada pertanyaan di seputaran materi di atas tinggalkan komentarnya terimakasih semoga bisa membantu dan bermanfaat.